Rahmat Budiman
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
Extended Marketing Mix
PT Asuransi Takaful Keluarga
(Berdasarkan informasi yang terdapat pada Laporan Tahunan dan Website)
PT Asuransi Takaful Keluarga
(Berdasarkan informasi yang terdapat pada Laporan Tahunan dan Website)
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan.staff.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F
Product
Strategi
Merek Takaful yaitu menggunakan Nama Perusahaan yang
dikombinasikan dengan merek produk individual (hlm.
57)
Price
Place
- Tahun 2013, Takaful lebih fokus mengembangkan Rep. Office sebagai garda terdepan marketing dari pada Kantor Pemasaran.
- Pendirian Kantor Pemasaran memerlukan biaya yang besar, waktu yang lama, dan pengurusan legalitas yang tidak mudah.
- RO berfungsi menjual polis dan membina agen. Sementara Kantor Pemasaran berfungsi sebagai kantor layanan.
- Takaful juga bermitra dengan RS Rekanan serta PT Pos dan Bank Muamalat untuk menempatkan sales force.
- Strategi distribusi pemasaran menggunakan distribusi intensif, yaitu perusahaan menyalurkan produknya di banyak saluran pemasaran (hlm. 109).
Promotion
- Takaful telah memiliki website, twitter, dan facebook yang bisa digunakan juga sebagai media promosi.
- Takaful juga melaksanakan berbagai acara seperti seminar dan kegiatan sosial.
- Bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan Takaful yaitu: iklan (terutama media cetak); hubungan masyarakat dan publisitas; acara dan pengalaman; pemasaran langsung; dan penjualan langsung (hlm. 143-144)
Process
- Proses layanan pengajuan takaful dimulai dari sales force (agen) baik dari RO maupun di lokasi lain seperti PT Pos dan Bank Muamalat.
- Pengajuan tersebut selanjutnya diproses di Kantor Pemasaran dan Kantor Pusat untuk memperoleh persetujuan.
- Polis yang telah disetujui disampaikan oleh agen kepada nasabah.
- Nasabah melakukan pembayaran premi melalui beberapa channel: pembayaran online (PT Pos dan BSM), ATM (virtual account), setoran tunai, dan autodebit.
People
- Garda terdepan pemasaran Takaful dilakukan oleh para agen baik yang berada di RO maupun outlet lainnya.
- Tahun 2013 terdapat 1.148 agen aktif.
- Acara tahunan “Malam Tasyakuran Para Bintang & Takaful Award” sebagai bentuk penghargaan terhadap agen dan insan Takaful yang berprestasi.
- Motivasi agen: memperoleh benefit yaitu keberkahan dan kemanfaatan bagi hidup orang lain.
Physical Environment
- Physical environment berupa kantor pemasaran dan RO cukup mudah dikenali oleh masyarakat.
- Bank juga memiliki layanan online dan call center yang memudahkan nasabah untuk bertransaksi.
Referensi:
- Buku Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan, Editor: Ujang Sumarwan
- Laporan Tahunan PT Asuransi Takaful Keluarga
- www.takaful.co.id
No comments:
Post a Comment